10 Juni, 2008

Tidak Suka Cara-cara Perusahaan?

Perusahaan biasanya cenderung menginginkan suatu proses yang bersifat seragam dalam mengelola kinerja. Hal itu dapat menjadikan proses tersebut terlalu birokratis sifatnya. Kalau anda menganggap pendekatan yang ditentukan perusahaan tidak berguna bagi anda, ciptakan suatu cara untuk membuatnya berjalan lancar dengan berfokus pada kesempatan mendiskusikan kinerja dengan para staf, secara pribadi. Kalau kita berfokus pada membangun suatu hubungan, melibatkan para staf sebagai mitra sejajar, dan berkomunikasi, bahkan suatu sistem yang buruk pun akan dapat kita buat berjalan lebih baik.

04 Juni, 2008

Menerangkannya kepada Staf Kita

Seperti halnya para manajer, para staf perlu memahami apa gunanya menajemen kinerja dan khususnya, bagaimana hal itu akan menguntungkan mereka. Kalau mereka tidak mengerti akan hal itu, kecil kemungkinannya mereka akan ikut serta dalam kemitraan agar program itu berhasil dilaksanakan. Berikan penjelasan mengenai proses ini dan bagaimana hal itu akan menguntungkan karyawan. Mintalah pendapat mereka tentang bagaimana hal tersebut dapat dilakukan secara lebih baik, agar lebih membantu mereka.

03 Juni, 2008

Kenali Keuntungannya bagi Diri Kita Sendiri

Kalau kita akan melakukan investasi, baik waktu maupun upaya, untuk menjalankan manajemen kinerja dengan baik dan benar, kita perlu tahu keuntungan apa yang akan didapat. Bila tidak, kita tidak akan termotivasi. Secara berkala, ingatkan diri kita sendiri mengapa kita melakukannya dan bagaimana hal itu akan menghemat waktu, serta menghindarkan kita dari kesulitan.

02 Juni, 2008

Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja merupakan sebuah proses komunikasi yang berkesinambungan dan dilakukan dalam kemitraan antara seorang karyawan dan penyelia langsungnya. Proses ini meliputi kegiatan membangun harapan yang jelas serta pemahaman mengenai pekerjaan yang akan dilakukan. Ini merupakan sebuah sistem. Artinya, ia memilki sejumlah bagian yang semuanya harus diikutsertakan, kalau sistem kinerja ini hendak memberikan nilai tambah bagi organisasi, manajer, dan karyawan (Bacal, 2005).

Evaluasi Kinerja Bukanlah Manajemen Kinerja

Jangan membuat kesalahan dengan mengira bahwa mengevaluasi suatu kinerja adalah manajemen kinerja. Salah besar. Memberikan penilaian atau evaluasi kinerja hanyalah merupakan sebagian saja dari sistem manajemen kinerja. Kalau anda hanya memberikan evaluasi kinerja dan tidak menjalankan bagian-bagian lainnya, anda akan gagal.

Review Kinerja

Beberapa tipe review yang sering dipergunakan dalam manajemen kinerja:

1. Self-assesment Review
2. Top-down Review
3. Peer Review
4. Subordinate Review
5. Stakeholder Review

Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja adalah manajemen tentang menciptakan hubungan dan memastikan komunikasi yang efektif. Manajemen kinerja memfokuskan pada apa yang diperlakukan oleh organisasi, manajer, dan pekerja untuk berhasil. Manajemen kinerja adalah tentang bagaimana kinerja dikelola untuk memperoleh sukses.